Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, AHLAN WA SAHLAN! Ikhwani wa Akhwati fillah apa kabar ruhiyah antum antunna hari ini? Luar biasa, Luar Biasa, dan HARUS LUAR BIASA...

Jumat, 17 April 2009

Memahami Amal Dakwah

Kader dalam menjalankan agenda dakwah memerlukan strategi dengan baik, serta memahami apa yang sedang ia lakukan dan apa manfaatnya untuk dakwah.

Beberapa hal yang perlu dipahami terkait amal dakwah antara lain :
(1) memahami tujuan dakwah,
(2) memahami peran dirinya dalam dakwah,
(3) memahami potensi diri,
(4) memahami medan dakwah ( objek dakwah ), dan
(5) memahami makna pengorbanan dan kesungguhan dalam beramal.

Kelima pemahaman terkait amal dakwah ini bisa dibangun dengan latihan langsung beramal dakwah serta di stimulus dengan kaderisasi pasif kepada kader dakwah. Kader dakwah yang memiliki pemahaman yang baik terkait amal dakwah biasanya memiliki visi besar terhadap dakwah itu sendiri, ia punya cita-cita terhadap dakwah, ia punya orientasi dan visi yang jelas terhadap tanggung jawab yang di embannya saat ini dan memberikan dampak semangat yang gigih untuk mencapai tujuan yang ia dan lembaga dakwha harapkan.


Seorang kader yang sudah memahami urgensi dakwah dan mengetahui visi dakwah jangka panjang, akan mempunyai energi lebih untuk bergerak secara terus menerus dalam mewujudkan cita-cita mulia ini. Selain itu ia memiliki semangat pengorbanan, baik itu korban harta, waktu, perasaan, bahkan berkorban hak dirinya seperti waktu istirahat karena ingin memberikan yang terbaik untuk dakwah.


Kualitas kader dakwah saat ini, walau semakin banyak jumlahnya harus tetap dijaga, karena kualitas kader dakwah ini akan membuat kualitas serta asholah dakwah tetap terjaga. Menjadi tanggung jawab bagi kita yang memahami urgensi menjaga kualitas kader ini untuk membangun sistem yang memungkinkan membentuk kader yang berkualitas meskipun jumlah kader semakin banyak bertambah setiap tahunnya.


Semangat.....FULL SPIRIT!!!

Tidak ada komentar: